Rabu, 15 April 2009

google translate


Beberapa minggu yang lalu saya tanpa sengaja mendapatkan informasi tentang fasilitas baru yang disediakan Google. Namanya Google Translate, mendengar namanya saja mungkin kita tahu bahwa fasilitas ini untuk menterjemahkan bahasa. Setelah saya cari alamatnya ternyata di Sini. Seperti biasa, tampilannya sederhana sehingga loadingnya cepat, tetapi dibalik itu fasilitasnya memang hebat…

Google Translate bisa menerjemahkan beberapa bahasa dengan cara memasukkan langsung kalimat ke text box yang disediakan atau bisa juga menerjemahkan halaman web site dengan memasukkan alamat URL-nya.

Kebetulan saya sering membuka web site program delphi berbahasa Rusia ( hanya mencari tips program, yang kadang saya gunakan dalam program shollu kolnmck ). Setelah saya coba, ternyata hasilnya cukup bagus, walaupun masih dalam versi beta ( belum sepenuhnya selesai ) dan sangat membantu dalam mengetahui isinya. Selain bahasa Rusia, saya juga mencoba bahasa Arab, yang juga masih dalam versi beta. inipun hasilnya lumayan bagus, hanya saja jika web site merupakan kombinasi beberapa frame maka hasilnya terkadang kurang bagus.

Bahasa yang didukungnya sampai saat ini adalah : Arab, Cina, Jerman, Spanyol, Perancis, Italia, Jepang, Korea, Portugis ke dalam bahasa Inggris dan Sebaliknya. Saat ini beberapa bahasa masih dalam versi beta. Selain ini banyak fasilitas google yang lain. Coba saja dilihat di Google Labs. Wah… semakin hebat saja google ini…