Kamis, 09 April 2009

lahat


Kabupaten Lahat terletak di pulau Sumatra, tepatnya di bagian selatan yang beribukotakan palembang. Lahat memiliki 19 kecamatan dengan luas 6.618,27 km2 dan di koordinat 3,25° - 4,5° LS 102,37° - 103,45° BT. Adapun batas wilayahnya:

Komoditi Kabupaten Lahat datang dari sektor perkebunan, perikanan, industri. Di sektor perkebunan, kopi, kakao, tebu, kelapa sawit, karet, dan teh , merupakan komoditi unggulan. Di sektor perikanan, perikanan tangkap merupakan komoditi unggulan Kabupaten Lahat. Perikanan tangkap termasuk budidaya ikan air tawar, keramba air tawar dan air laut, tambak udang. Produksi perikanan tangkap mencapai 72.905 ton pada tahun 2006. Di sektor industri, industri CPO, industri minyak goreng, industri crumb rubber, industri pengolahan kopi,industri pengalengan ikan, industri ikan beku, industri pengalengan nenas, dan industri teh hijau merupakan unggulan di Kabupaten Lahat.
Ada sekitar 4 pelaku usaha di bidang industri yaitu Indomarco Adi Prima PT, Gudang Garam PT, Panamas PT, Kenangan Lematang PT.