Senin, 27 Juli 2009

Memperbaiki gagal booting setelah install Windows Vista, hang dengan layar “Vista Loader 2.1.2″ ???

Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, baca dulu tulisan penting berikut ini:
Seharusnya judul artikel ini adalah: Mengatasi Gagal Booting Windows setelah menghapus Linux

Judul tersebut disarankan oleh Cyrus Wings.

Awalnya saya hanya memiliki Windows XP, lalu saya ingin menambahkan Windows Vista sebagai OS ke-dua. Instalasi berjalan sangat wajar. Beberapa kali dilakukan restart sampai proses instalasi selesai. Namun setelah berhasil logon tiba-tiba Windows melakukan restart dan komputer hang dengan tulisan di monitor:
Booting "Windows Vista"

acpi
Vista Loader 2.1.2

gbr 1
Gbr 1. Tampilan terakhir saat hang.

Saya coba reset komputer masih tetap sama tampilan “hang” ini yang muncul terakhir. Windows Vista tidak mau terbuka.

Karena masih penasaran saya coba mencermati proses booting ini… sekali lagi saya reset komputer saya.

Sebelum muncul tampilan hang di atas, saya cepat-cepat memencet tombol PAUSE pada keyboard. Ternyata ada sebuah proses loading seperti ini.
gbr2
Gbr 2. Booting GRLDR…

Saya makin penasaran, lalu saya tekan ENTER dan segera saya tekan PAUSE lagi. ENTER - PAUSE…, ENTER - PAUSE… Sampai akhirnya muncul tampilan ini:
gbr3
Gbr 3. GRUB4DOS 0.4.3

Melihat tulisan GRUB saya jadi ingat dulunya di komputer ini pernah diinstallkan Linux RedHat R5.

Menu pilihan OS ini tidak bisa dipilih sama sekali.
Di bagian bawah layar ada tulisan:

…Press enter to boot the selected OS, ‘e’ to edit the command before booting…

Mengikuti petunjuk di bawahnya saya coba pencet tombol ‘e’ pada keyboard. Sialnya tombol E tidak bisa dipilih sama sekali.

Kasus ini baru pertama saya alami. Dengan penuh kesabaran saya coba mencari letak kesalahannya sampai akhirnya dapat solusinya. Jika anda juga mengalami masalah ini, ikuti trik berikut untuk memperbaikinya.

Booting komputer dengan CD Windows XP untuk dapat masuk ke Recovery Console.
gbr4
Gbr 4. Tekan R untuk masuk ke Recovery Console.

Setelah menekan R untuk masuk ke modus Recovery Console. Pilih C:\WINDOWS (Partisi Windows XP) karena Bootloader (GRUB4DOS) berada di drive C:

Selanjutnya CD meminta user memasukkan Administrator Password. Jika sukses maka akan masuk ke prompt C:\WINDOWS>.

Gunakan perintah ini untuk pindah ke folder C:\.
(Ket: Tanda prompt yang berwarna abu-abu tidak usah diketik)C:\WINDOWS>CD ..

Lalu ketik:C:\>DIRPerhatikan dalam daftar file terdapat file GRLDR. File ini tidak bisa dihapus karena memiliki atribut Read-only.

Untuk menghilangkan atribut Read-only pada file:C:\>ATTRIB -R grldr

Hapus filenya dengan:C:\>DEL grldr

Lakukan booting ulang:C:\>EXIT
gbr5
Gbr 5. Perintah EXIT untuk keluar recovery console (restart).

Setelah booting akhirnya Windows Boot Manager bisa muncul.
gbr6
Gbr 6. Windows Boot Manager kembali tampil

Pilih Microsoft Windows Vista dan … Windows Vista berhasil dibuka.

SELAMAT DATANG WINDOWS VISTA…!!!

Catatan: Linux RedHat sebelumnya pernah diinstall ke drive E: lalu dihapus dengan hanya memformat partisi tersebut. Tidak ikut menghapus GRUB Loader yang masih tertinggal di drive C: