Senin, 07 Desember 2009

Prospek Bisnis Singkong Keju di Indonesia

KATA PENGANTAR

Karya tulis PROSPEK BISNIS SINGKONG KEJU di INDONESIA ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Bisnis. Sekaligus digunakan untuk bahan penunjang pembelajaran soft skiil pada mata kuliah pengantar bisnis.

Di dalam karya tulis ini akan di sampaikan mengenai bisnis singkong keju di Indonesia. Mulai dari latar belakang usaha tersebut, keuntungan dari usaha tersebut, apa saja yang di butuhkan untuk memulai bisnis tersebut, dan manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat sekitar dari adanya usaha bisnis tersebut.

Meskipun disampaikan secara sederhana namun di dalam karya tulis ini disertakan penjabaran-penjabaran serta hasil penelitian usaha bisnis singkong keju tersebut yang di tujukan dengan harapan akan memberikan penjelasan dengan sejelas-jelasnya, sehingga tidak ada lagi keraguan di dalamnya.

Tidak lupa disampaikan rasa terimakasih kepada dosen Pengantar bisnis, Bapak Anasta Surya Ginting yang telah mempercayakan utuk mnyelesaikan tugas ini. Serta teman-taman sekalian yang tergabumg dalam Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Gunadarma yang telah banyak membantu dalam penyelesaian tugas makalah ini.

Disadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna untuk itu, diharapkan kritik dan saran yang membangun untuk lebih baik di masa yang akan datang.

Bekasi,18 November 2009

Penulis,

SUNDARI

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A. Latar Belakang Masalah

Pertumbuhan UKM mulai menjadi topik yang cukup hangat sejak munculnya, pengalaman dari sentra-sentra Industri Skala Kecil (ISK) dan Industri Skala Menengah (ISM) di beberapa negara di Eropa Barat pada Tahun 1980an, khususnya Italia.Sebagai contoh kasus, bahwa pada tahun 1970-80an, pada saat Industri Skala Besar di Inggris, Jerman dan Italia mengalami staknasi atau kelesuan, ternyata Industri Skala Kecil (terkonsentrasi di lokasi tertentu membentuk sentra-sentra) yang membuat produk-produk tradisional mengalami pertumbuhan yang pesat dan bahkan mengembangkan pasar ekspor untuk barang-barang tersebut dan menyerap banyak tenaga kerja . Menurut Tambunan, pengalaman ini menunjukkan bahwa industri kecil di sentra-sentra dapat berkembang lebih pesat, lebih fleksibel dalam menghadapi perubahan pasar, dan dapat meningkatkan produksinya daripada industri kecil secara individu di luar sentra.

Di Indonesia pun Peran UKM atau Usaha Kecil Menengah tidak bisa di anggap sebelah mata. Karena terbukti bahwa pada saat beberapa tahun terakhir setelah krisis moneterl tahun 1998, UKM atau usaha kecil menengah menjadi sorot perhatian pemerintah. Hal itu terjadi bukan karena tanpa alasan melainkan UKM satu-satunya sektor ekonomi yang tidak terkena imbas krismon, malah cenderung menguat. Hal ini dekarenakan UKM merupakan usaha yang pada dasarnya sebagian besar merupakan modal pribadi, kalaupun ada yang mendapatkan bantuan pinjaman kredit dari Bank jumlahnya tidah terlalu besar, dan UKM tidak menerapkan unsur spekulasi dalam memproduksi dan memasarkan produknya. Hal itulah yang disadari oleh semua kalangan.

Kesempatan itulah yang tidak begitu saja disia-siakan oleh sebagian besar masyarakat indonesia. Banyak dari mereka, yang mencoba ” peruntungan” dalam berbisnis yang menjadi ruang lingkup dari UKM. Mulai dari makanan, minuman, jasa, bahkan di bidang konveksi.

Usaha singkong salah satunya, usaha ini, salah satu usaha yang bergerak dalam bidang makanan. Akhir-akhir ini usaha singkong sangat banyak di setiap kota-kota besar di Indonesia. Salah satu penyebab maraknya bisnis singkong di indonesia karenakan bahan bakunya murah,mudah didapat,dan diminati banyak orang. usaha ini cukup dipandang dalam jajaran UKM yang memberi peruntungan besar bagi sang pengelolanya. Tentu saja pengelola yang tidak sembarang pengelola, melainkan yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam pengelolaan bisnis ini.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :

  1. Mengapa akhir-akhir ini bisnis singkong keju dapat meluas dan berkembang di Indonesia ?
  2. Apa yang di butuhkan untuk memulai membuka usaha di bidang singkong keju?
  3. Apa manfaat atau keuntungan yang dapat di peroleh dalam berbisnis singkong keju ?
  4. Apakah bisnis singkong keju cukup prospektif di jalankan di Indonesa?

C. Tujuan

Sesuai masalah di atas, tujuan yang ingin dicapai dalam karya ilmiah ini adalah:

  1. Memberikan informasi yang bermanfaat tentang bisnis UKM terutama dalam bisnis singkong keju.
  2. Memberikan informasi yang di perlukan untuk memulai usaha UKM terutama di bisnis singkong keju.

D. Maanfaat Penelitian

Karya ilmiah ini memberi manfaat sebagai berikut :

  1. Memberi contoh kepada masyarakat, agar tidak ragu untuk berbisnis dalam bidang UKM
  2. Memberikan pemahaman untuk berbisnis di bidang makanan.
  3. Memaparkan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai dalam bisnis makanan salah satunya bisnis singkong keju.
  4. Bagi penulis, penelitian ini dapat di jadikan kajian awal untuk melakukan penelitian lanjutan.

BAB II

LANDASAN TEORI

A. Awal Kemunculan Bisnis Singkong Keju

Bisnis singkong keju bukan bisnis baru dalam dunia perbisnisan di Indonesia. Bahkan singkong keju mulai di pandang bisnis dalam taraf UKM yang cukup menarik minat, karena mampu memberikan keuntungan yang tidak sedikit bagi pengelolanya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pengelola yang menjadikan singkong menjadi bahan dasar makanan di Indoneseia.

Usaha singkong keju di Indonesia ini mulai meluas sekitar tahun 1980-an. Hampir semua daerah di wilayah Indonesia terdapat bisnis singkong keju. Berawal dari usaha makanan yang mulai dianggap kurang mendapat perhatian khusus bagi konsumen, maka lewat tangan orang-orang yang mempunyai kreatifitas singkong dapat disulap menjadi makanan yang beraneka macam. Salah satu kelebihan singkong, singkong dapat dijadikan usaha yang menjanjikan,selain harganya yang murah,singkong mudah didapat.

Singkong dapat dijadikan bermacam-macam jenis makanan.misalnya kripik singkong,tape singkong,kue singkong,singkong goreng,singkong rebus,singkong keju,getuk,nasi dan masih banyak yang lainnya.bahkan singkong sudah di ekspor ke berbagai negara di dunia.

Peluang usaha singkong keju ini juga membuat peluang usaha atau pelung kerja bagi orang-kreatif mulai dari mahasiswa yang berkuliah sampai dengan ibu-ibu rumah tangga yang memiliki kreatifitas.

Ibu-ibu rumah tangga di samping kegiatannya,mereka juga bisa membuat kreasi yang pada akhirnya dapat menciptakan aneka makanan dari bahan dasar singkong.

Perlu diketahui bahwa singkong dan keju adalah kesatuan bahan yang berbeda namun dapat dijadikan salah satu makanan yang enak. Banyak orang yang beranggapan bahwa singkong dan keju itu berbeda, singkong adalah makanan orang kampung,sedangkan keju adalah makanan orang kota.dan sekarang lewat tangan orang-orang yang memiliki kreatifitas singkong dan keju dapat dijadikan makanan.

BAB III

METODE PENELITIAN

A. Tempat dan Waktu Penelitian

Bekasi, Tman Wisma Asri pada hari Selasa,17 November 2009

B. Sujek Penelitian

Toko makanan serta pagawai-pagawainya dan konsumen setempat

C. Metode Penelitian

1. Wawancara

2. Survei.

BAB IV

HASIL PENELITIAN

A. Keuntungan dan Kelemahan Bisnis Singkong Keju

Singkong mungkin bisa di jadikan usaha yang prospectic di masa sekarang atau masa depan. Karena ternyata untuk memulai usaha ini, pengelola atau para pengusaha yang ingin mencoba untuk berbisnis dalam bidang ini, ternya tidak terlalu membutuhkan modal yang teramat besar. Menurut hasil survei, permulaan usaha ini dapat di lakukan dengan modal minimal Rp. 250.000. Jika usaha telah berjalan, hasil keuntungan yang di dapat dapat di kelola untuk mencari lokasi penyewaan tempat usaha yang tepat untuk memasarkan produk, dan menambah pegawai, bahan baku, dan sebagainya. Yang intinya bertujuan untuk meningkatkan usaha pada masa yang akan datang.

Namun sayangnya, meskipun tergolong UKM dengan modal yang rendah, namun dapat memberikan keuntungan yang besar, usaha singkong keju di Indonesia dalam perjalanannya pun memiliki hambatan tertentu. Bisnis singkong keju tidak dapat berjalan dengan baik jika tidak didukung dengan kretifitas yang tinggi. Apalagi dengan menjamurnya bisnis ini di Indonesia, maka akan semakin banyak pula saingan usaha sejenis yang akan ditemui. Jika tidak mampu membuat ciri khas dari makanan tersebut maka, tak di herankan apabila penjual tersebut akan tersaingi oleh penjual lainnya. Untuk itulah di perlukan kreatifitas yang tingi dalam menjalankan usaha ini, sehingga usaha singkong kaju tersebut mampu memproduksi makanan yang mempunyai rasa khas dan tentunya unik dan jarang dimiliki oleh individu maupun usaha sejenis untuk memproduksinya.

B. Prospek Bisnis Distro di Indonesia

Bisnis distro ini ternyata di pandang masih memiliki prospec yang baik hingga masa yang akan datang.

Hal tersebut terbukti dari adanya hasil survei BPS pada September 2009 yang menyatakan bahwa, pada bulan September 2009 Indeks harga grosir/agen atau Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum turun 0,38 persen dibanding bulan sebelumnya. Penurunan IHPB terbesar terjadi pada kelompok barang Impor sebesar 2,87 persen. Hal tersebut tentunya sangatlah baik bagi perjalan UKM di Indonesia, yang salah satunya bisnis Singkong Keju ini. Akibat dari turunnya IHPB, maka akan menurunkan pula harga bahan baku, sehinnga pengusaha di dunia makanan terutama singkong keju ini dapat menekan pengeluaran untuk mendapatkan laba yang tinngi.

Tak mengherankan jika toko singkong keju selalu rame,itu disebabkan karena harganya sangat terjangkau oleh semua kalangan yaitu 1 box (isi 5 butir singkong keju) seharga Rp5000. sangat murah bukan! Dan toko tersebut tidak pernah sepi, terutama pada jam-jam antara pukul 19.00-21.00 WIB. Sedikit list alasan para pelanggan mengapa memilih singkong keju.pertama,rasa singkong keju cukup enak,harganya murah(dibandingkan dengan cemilan lainnya seperti seharga di atas Rp10ribu per bungkus),sehat dan tidak mengandung kolesterol.tentu saja bagi anda yang lebih terpelajar,memahami resep-resep modern,dan mengerti sigmentasi pasar.mungkin anda bisa membuat singkong keju untuk kalangan menengah atas,dengan harga Rp10ribu per bungkus dengan tambahan sambal yang unik,bawang goreng,saos,dll.

C. Hal yang Dibutuhkan Untuk Memulai Berbisnis Singkong Keju

Seperti yang telah di kemukakan semula, bahwa untuk berbisnis singkong keju susah-susah gampang. Yang jelas apabila tertarik untuk mencoba berbisnis seperti ini yang paling utama diperhatikan adalah kesediaan modal. Modal yang di butuhkan dari pemula tidaklah harus selalu besar, modal cukup dengan Rp. 250.000 untuk bahan baku, alat-alat dan lainnya. Jika pada akhirnya telah Sampai pada titik BEP (Break Even Point), kelebihan modal tersebut dapat di alokasikan untuk menyewa tempat yang lebih strategis untuk memasarkan produk. Tempat yang di pilihpun harus sesuai dengan perencanaan dan sasaran pasar. Setelah itu, dapat pula di gunakan untuk lebih mendesain ulang produk dari membuat kreasi baru, menggunakan packaging yang lebih higienis dengan tulisan yang lebih menarik. agar konsumen merasa penasara dan selalu mendapatkan pilihan dalam membeli produk yang di pasarkan, dan merencanakan promosi, keempatnnya merupakan komponen utama dalam berbisnis yang tentunya bertujuan untuk menambah nilai guna dan keuntungan dalam bisnis yang di jalankan.

Bab V

PENUTUP

A. Kesimpulan

Berdasarkan permasalahan dan hasil penelitian di atas, dapat di simpulkan sebagai berikut :

  1. Usaha Kecil Menengah atau UKM dipandang sebagai usaha ekonomi yang masih prospektif untuk di jalankan. Janganlah selalu berharap untuk mendapakan lapangan pekerjaan dari pemerintah, pemerintah telah mencanangkan masyarakat Indonesia yang mandiri yang salah satunya melalui pemberdayaan UKM ini.
  2. Bisnis Singkong Keju salah satu UKM di Indonesia yang telah di pandang cukup menguntungkan, maka Bisnis singkong keju ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk dijalankan, karena Bisnis singkong keju di Indonesia masih di lirik sebagai bisnis UKM yang mampu mendatangkan keuntungan yang besar.

B. Saran

Saran yang dapat di sampaikan dalam karya ilmiah ini adalah sebagai berikut :

Bagi para pebisnis pemula yang ingin mencoba berbisnis di bidang makanan yang perlu dilakukan adalah :

  1. Sediakan modal yang cukup, pastikan modal tersebut teralokasi dengan benar.
  2. Pilihlah tempat pemasaran yang tepat,terutama daerah atau tempat yang menjadi traffic banyak orang.. Tepat dengan sasaran pasar dan tepat dengan modal yang ada.
  3. Lakukanlah promosi secara maksimal untuk memperkenalkn bisnis singkong keju yang telah di jalankan, bisa melalui face to face, media cetak atau sebagainya dan pastikan bahwa informasi telah tersampaikan dengan benar.
  4. Selalu mendesain produck yang unik, menarik, dan inovativ. Sehingga konsumen selalu memiliki ketertarikan terhadap produk yang di tawarkan, dalam hal ini kreativitas tinngi sanggatlah di perlukan.
  5. Jika ingin melaksanakan bisnis apapun, termasuk bisnis singkong keju ini, janganlah terlalu banyak planning dan paranoid yang berlebihan akan gagalnya bisnis yang dijalankan.Planning memang dibutuhkan, namun jika terlalu banyak yang di rencanakan dan tidak terlaksana jelaslah sangat merugikan diri sendiri.Lakukan dan wujudkanlah apa yang telah di rencanakan.
  6. Semoga karya ilmiah ini dapat di gunakan bagi masyarakatl uas, sebagai kajian awal untuk melakukan kegiatan bisnis lebih lanjut.